Thursday, March 30, 2017

adesanjaya dot com Tidak Menjual Inokulan Gaharu


vaksin gaharu
vaksin gaharu yang saya beli 2juta/liter
Setiap petani atau pembudidaya yang menanam gaharu pasti ingin bibit gaharu yang ditanamnya atau tegakan gaharu yang dimilikinya menghasilkan dan bernilai ekonomis tinggi. Ya... saya pun juga demikian, ingin tegakan gaharu yang kita miliki menghasilkan duit. Fakta yang ada dilapangan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, karena untuk menjadikan gaharu memiliki nilai ekonomis tinggi perlu proses dan hambatan.
Gaharu sekarang ini bukan semata-mata berkah dari alam saja, tetapi memerlukan sentuhan tangan manusia berupa penyuntikan gaharu atau yang sering disebut inokulasi gaharu dan tentu saja memerlukan inokulan gaharu / vaksin gaharu / serum gaharu atau apapun namanya. Teknik inokulasi gaharu bisa dilakukan oleh siapa saja tetapi untuk inokulan gaharu tidak semua orang bisa membuat atau memproduksi inokulan ini. Bagi petani yang memiliki modal yang besar, inokulan gaharu ini banyak sekali yang memproduksi dan dijual bebas di pasaran, tetapi bagi petani yang kekurangan modal, inokulan ini menjadi masalah yang sangat serius.
Berkaca pada pengalaman sebelumnya, maka kami tidak menjual inokulan / serum / vaksin gaharu dalam bentuk apapun. Sebelumnya saya memang pemilik blog gaharuhijau.blogspot.com, yang mana dalam blog tersebut menjual inokulan GH Super. Blog tersebut di banned oleh Google pada akhir tahun 2015 sehingga tidak dapat diakses lagi. Adapun alasan saya untuk tidak lagi menjual inokulan adalah sebagai berikut :
  1. Pemakai inokulan tersebar di wilayah yang berbeda dengan wilayah tempat produksi inokulan, hal ini mengakibatkan perbedaan suhu, cuaca, konstur tanah dan morfologi tanaman gaharu itu sendiri. Tindak balas dari pohon gaharu akibat perbedaan ini juga tidak sama, sehingga hasil dari efektifitas penggunaan inokulan juga tidak sama.
  2. Faktor SDM (sumber daya manusia) yang melakukan inokulasi gaharu juga berbeda-beda sehingga teknik yang digunakan dan dosis yang diberikan kepada tegakan gaharu tidak sama berakibat hasil yang didapat juga berbeda-beda.
  3. Tidak adanya jaminan keberhasilan terhadap inokulan yang dijual sehingga ketidakpastian hasil yang akan didapat juga menjadi momok dalam inokulasi gaharu. Hampir semua produsen inokulan baik dalam negeri maupun mancanegara tidak ada yang memberikan garansi keberhasilan inokulannya.
  4. Pembudidaya gaharu banyak yang belum mengetahui tentang bagaimana teknik carving (pembersihan gaharu) yang baik dan benar sehingga terkadang gaharu yang sudah mengandung resin yang bagus dan sudah bernilai ekonomis tetapi karena teknik carving salah menjadi tidak berharga.
Oleh karena itu, sebagai tanggung jawab sosial dan psikologi terhadap inokulan gaharu yang dijual maka kami tidak menjual inokulan gaharu. Eksperimen dan uji coba inokulan yang telah disuntikkan pada tegakan gaharu alam maupun budi daya menunjukan hasil positif dan negatif. Eksperimen dan uji coba ini sudah memakan waktu lebih dari 5 tahun dan mengeluarkan biaya yang besar, yang biaya tersebut merupakan pengeluaran pribadi kami. Agar eksperimen dan ujicoba yang telah kami lakukan tersebut tidak sia-sia maka kami membuat CD tentang informasi bagaimana teknik inokulasi dan cara membuat inokulan gaharu dengan berbagai bahan yang pernah kami lakukan. Untuk mendapatkan CD ini, silahkan baca sampai selesai artikel kami ini.
Semoga bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments