Saturday, May 27, 2017

Apa Itu Gaharu

apa itu gaharu
gaharu alam bengkulu
Apa itu Gaharu ? pertanyaan ini selalu muncul dalam pikiran orang-orang yang baru mengenal gaharu, Saya pun merasakan pemikiran yang sama. Tahun 2010 akhir merupakan tahun awal saya mengenal gaharu. Berawal dari perkenalan dengan kawan-kawan yang tergabung dengan Yayasan Gempita Bengkulu Raya, merupakan tonggak awal saya mengenal gaharu dan pada hari ini saya sudah merasakan bagaimana pahit dan manisnya bisnis gaharu.
Kembali ke judul awal postingan ini, maka saya akan mencoba berbagi informasi tentang gaharu berdasarkan pengalaman-pengalaman, kegiatan yang sudah saya lakukan mulai dari tahun 2010 serta dari berbagai informasi yang saya rangkum dan jelaskan berdasarkan pemahaman saya. APA ITU GAHARU ?
Beberapa sumber yang saya rangkum dan berdasarkan pemahaman hasil riset di lapangan maka dapat saya jelaskan yaitu Gaharu adalah kayu dengan berbagai bentuk dan memiliki warna yang khas, biasanya berwarna coklat kehitamanan serta memiliki kandungan senyawa fitoaleksin yang apabila dibakar tercium bau khas wangi. Kayu ini memiliki nilai jual yang sangat tinggi tergantung dengan kepekatan warna dan keharuman bau. Kayu yang dimaksud dalam pengertian ini adalah kayu yang sudah terinfeksi oleh bakteri, mikroba ataupun zat lainnya. Setiap pohon gaharu (tegakan alami) belum tentu memiliki kandungan gaharu, hal ini disebabkan karena setiap tegakan gaharu yang sehat dia akan mengeluarkan zat antibodi (fitoaleksin). Untuk lebih mudah dipahami dalam postingan apa itu gaharu akan saya analogikan sebagai berikut : Setiap anak bayi yang baru lahir pada umur tertentu, biasanya 2 bulan akan dilakukan imunisasi, dan reaksi badan si bayi adalah demam/panas tinggi disebabkan badan si bayi memproduksi antibodi untuk mentralisir vaksin tersebut. (maaf kalau salah soalnya bukan orang kesehatan, he...he...he...). Nah, begitu juga dengan tegakan gaharu, ketika terjadi infeksi pada batang pohonnya yang berakibat timbulnya jamur ataupun mikroba lainnya maka tegakan pohon tersebut akan memproduksi antibodi bernama fitoaleksin untuk melokalisasi infeksi yang terjadi pada dirinya.
gaharu mengandung fitoaleksin

Untuk kita ketahui bahwa warna dasar tegakan gaharu yang belum terinfeksi adalah putih bersih tanpa bercak-bercak. Warna coklat kehitaman bahkan hitam pekat itu adalah warna fitoaleksin yang diproduksi tegakan gaharu dalam rangka untuk mengobati dirinya sendiri agar bisa bertahan hidup. Dalam postingan apa itu gaharu akan saya informasikan tentang infeksi pada gaharu.
Secara umum infeksi pada tegakan gaharu terjadi dapat dibagi menjadi dua sebab :  
1. Secara Alamiah
Hal ini terjadi dengan proses alam yang ada di sekeliling tegakan gaharu tersebut, terjadi dengan sendirinya tanpa adanya campur tangan manusia. Contoh : adanya cakaran dari binatang buas (beruang, babi hutan, harimau) yang mengakibatkan terbukanya lapisan batang tegakan gaharu. Ada juga diakibatkan dahan yang patah karena hempasan angin. Kita ketahui bahwa disekitar kita banyak sekali bakteri maupun jamur yang tumbuh untuk membantu penguraian mahluk hidup maupun tumbuhan. Jamur atau bakteri akan mudah tumbuh berkembang di dahan patah maupun daerah batang yang terbuka tadi. Proses secara alamiah ini berlangsung sangat lama, memerlukan waktu sampai berbulan-bulan, bertahun-tahun bahkan ratusan tahun. Selama bakteri dan jamur ini masih menempel di tegakan gaharu, selama itu juga pohon terus memproduksi fitoelexin untuk mencegah tegakan gaharu membusuk atau mati.
Proses yang lama ini mengakibatkan fitoaleksin di tegakan gaharu semakin tebal dan berwarna semakin pekat dan bahkan tanpa dibakarpun gaharu ini akan mengeluarkan bau wangi. Gaharu yang terjadi karena proses alamiah ini banyak dicari pembeli dan memiliki harga yang sangat tinggi. Penjelasan tentang infeksi gaharu secara alamiah saya rasa cukup untuk memberikan penjelasan singkat tentang apa itu gaharu. Tetapi saya akan memberikan informasi yang lebih agar kawan-kawan sekalian bisa mengambil informasi yang lebih banyak dari blog ini dengan harapan blog ini sering dikunjungi, he...he...he...
2. Secara Buatan
Melakukan inokulasi/penyuntikan gaharu merupakan bagian dari menginfeksi gaharu secara buatan. Berbeda dengan cara alamiah maka infeksi gaharu secara buatan mengindikasikan adanya campur tangan manusia. Banyak sekali aktivitas untuk menginfeksi gaharu secara buatan ini, apapun teknik yang digunakan adalah dalam rangka untuk intervensi kepada tegakan gaharu agar memproduksi fitoaleksin tadi. Saya akan memberikan beberapa contoh cara untuk menginfeksi gaharu secara buatan ini dengan harapan pembaca dapat memperoleh ilmu yang bermanfaat. Sebelumnya saya mohon maaf kepada siapapun yang terganggu dengan postingan, tidak ada niat saya untuk menutup jalan rezeki para pelaku, pebisnis gaharu. Saya berpikir bahwa semakin banyak orang tahu bagaimana membuat gaharu maka akan terbuka stock gaharu dengan berbagai kualitas yang semakin besar untuk berjualan.
a. Dengan di Kapak
Cara ini banyak dilakukan oleh masyarakat petani yang memiliki atau menemukan tegakan gaharu di hutan. Dengan cara di kapak ini sangat mudah dilakukan. Cukup dengan Kampak, pedang, parang atau benda tajam yang dimiliki maka bisa menghasilkan gaharu dengan kualitas kemedangan. Caranya adalah tegakan gaharu terlebih dahulu dikupas kulitnya kemudian di kapak atau dipukul dengan benda tajam dengan panjang luka 10-20 cm dan kedalaman 1-2 cm disesuaikan dengan diameter tegakan gaharu dan ketika melakukan ini alat yang digunakan dijungkit sedikit agar ada jarak. waktu yang dibutuhkan cukup singkat antara 1-6 bulan. Cara ini cukup berhasil dan gaharu yang dihasilkan berupa kemendangan atau yang sering disebut di daerah yaitu medang kampak.
b. Dengan di Bor
Penggunaan bor listrik lebih mudah dan efisien dalam pemanfaatan waktu dari pada menggunakan bor tangan. Biasanya dengan penggunaan bor ini untuk menciptakan lobang-lobang yang banyak di tegakan gaharu. Jarak antara lubang yang tercipta dengan lubang yang lain disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis inokulan yang dipakai.
c. Dengan di bakar
Untuk menghasilkan gaharu kulit dengan kualitas yang bagus, maka alternatifnya adalah dengan penggunaan cara dibakar. Tegakan gaharu dibakar menggunakan alat bakar seperti ilalang, kayu ataupun lainnya. Penggunaan cara ini perlu kehati-hatian, kalau pembakaran terlalu berlebihan maka tegakan gaharu akan mati. Saya sendiri sering menggunakan cara ini dan terbukti efektif menghasilkan gaharu kulit dengan harga yang sangat tinggi.
d. Dengan baut panas
Dalam artikel apa itu gaharu, Alternatif untuk menginfeksi gaharu selanjutnya adalah dengan menggunakan baut yang dipanaskan. Baut ukuran 18 atau baut ukuran lainnya terlebih dahulu dibuat seperti kunci T, sebelum dimasukkan ke dalam batang gaharu, baut tersebut dibakar dengan bara api. Setelah panas maka baut tersebut dimasukkan ke batang gaharu dengan cara dipukul. Untuk membuka baut tersebut cukup kita putar karena baut tadi sudah kita buat T.
e. Dengan benda asing
Cara menginfeksi gaharu selanjutnya adalah dengan memasukkan benda asing ke dalam batang gaharu. Benda asing ini dapat berupa paku atau yang lebih dikenal dengan teknik pakulasi, stick dari bahan tertentu dan ada juga yang memasukkan plat besi dengan ukuran tertentu. Keberhasilan menggunakan cara ini berbeda-beda. Dibeberapa daerah yang menggunakan pakulasi ada yang berhasil tetapi teman saya yang menggunakan teknik pakulasi ini tidak berhasil bahkan paku yang dimasukkan kedalam batang gaharu sudah tidak terlihat dan tidak ada bekas sama sekali. Menggunakan stick adalah cara tradisional yang banyak dilakukan oleh pencari gaharu di pedalaman. Stick ini dibuat dengan menggunakan kayu khusus yang memang mempunyai kandungan zat yang tidak bisa hancur walaupun sudah berada di dalam batang kayu.
f. Dengan di oles cairan khusus
Dan cara yang terakhir adalah dengan di oles cairan tertentu. Tegakan gaharu terlebih dahulu dibuka kulitnya kemudian dioles dengan cairan tertentu. Hasil yang didapatkan cukup memuaskan dan bernilai rupiah.
Dari penjelasan saya tadi sedikit memberikan informasi tentang apa itu gaharu. Dan saya mencoba mengupdate blog ini dan saya khususkan membahas tentang gaharu.
Semoga Bermanfaat !!!
Load disqus comments

0 comments