Sunday, May 14, 2017

Manfaat Kayu Gaharu

 
manfaat kayu gaharu
Manfaat kayu gaharu bagi kehidupan manusia sangatlah banyak sekali. Gaharu sudah dikenal oleh nenek moyang kita sudah berabad-abad yang lalu. Dalam beberapa referensi saya mendapati gaharu sudah ada di zaman kerajaan Sriwijaya. Gaharu juga memiliki nilai jual yang tinggi, jadi jangan heran kalau gaharu dijadikan komoditi elit untuk di ekspor dan menjadi produk primadona di Timur Tengah dan negara-negara Asia Timur. Dalam artikel saya sebelumnya yang berjudul Apa Itu Gaharu, sudah disinggung sedikit tentang fitoaleksin yang merupakan antibodi dari tegakan gaharu. Nah, terkait dengan manfaat kayu gaharu, akan sangat erat terkait dengan fitoaleksin.
Sebelum kita mengetahui tentang kegunaan gaharu, tidak ada salahnya pengertian fitoaleksin saya jabarkan dalam postingan kali dengan tujuan untuk menambah khasanah informasi kita. Dalam wikipedia sangat jelas diterangkan tentang fitoaleksin. Fitoaleksin adalah suatu senyawa anti-mikrobial yang dibiosintesis (dibuat) dan diakumulasikan oleh tanaman setelah terjadi infeksi dari mikroorganisme patogen atau terpapar senyawa kimia tertentu dan iradiasi dengan sinar UV. Dari sel-sel rusak dan nekrotik (sel yang mati sebelum waktunya) akan dikeluarkan suatu zat yang berdifusi ke dalam sel sehat di sekitarnya sehingga muncul respon dari sel sehat berupa pengeluaran fitoaleksin. Fitoaleksin akan menjadi pertahanan tumbuhan saat terakumulasi/menumpuk dalam jumlah yang cukup untuk mencegah perkembangan patogen.
gaharu alam tenggelam
Beberapa studi telah mempelajari tentang potensi senyawa fitoaleksin untuk menjadi makanan fungsional bagi manusia. Hal ini dikarenakan senyawa fitoaleksin memiliki aktivitas antioksidan, aktivitas anti-inflamasi, dapat menurunkan kolesterol, dan memiliki aktivitas anti-kanker sehingga dapat meningkatkan kesehatan manusia.Salah satu senyawa fitoaleksin yang dimanfaatkan sebagai suplemen adalah resveratrol. Senyawa ini dapat melindungi jantung dan mencegah kanker prostat serta kanker payudara.
Karena gaharu menghasilkan senyawa fitoaleksin, tentu otomatis manfaat kayu gaharu bagi manusia sudah dapat kita ketahui dengan jelas. Kegunaan gaharu akan saya tambahkan berdasarkan hasil pengalaman pribadi dan teman-teman yang sudah mengkonsumsi maupun gaharu untuk digunakan dalam bentuk lain.
1) Bagi Kesehatan
  • Untuk mengatasi kanker, Insomnia, Kolestrol
Kegunaan gaharu sangat besar manfaatnya untuk mengatasi penyakit kanker. Saya pernah diminta untuk mencari gaharu alam oleh tetangga. Tetangga tersebut mengatakan bahwa saudaranya pengobatan penyakit kanker hanya menggunakan gaharu alam. Biidznillah penyakit kanker tersebut berangsur-angsur membaik setelah mengkonsumsi gaharu. Adapun cara menggunakan gaharu untuk penyembuhan sangatlah gambang. Cukup rendam potongan gaharu alam (sebanyak 10 gram) kedalam air putih mendidih yang dimasukkan kedalam gelas (100 cc). Tunggu sekitar 30 menit sampai hangat kuku kemudian diminum 3 kali sehari. Dan perlu diingat bahwa gaharu nya harus betul-betul alami dan kualitas bagus.
  • Untuk Penyakit Maag
Manfaat kayu gaharu lainnya adalah untuk mengatasi penyakit maag. Yang digunakan untuk penyakit maag adalah kulit batang gaharu. Kulit batang gaharu dipotong sepanjang 10 cm lebar 3 cm lalu dibersihkan. Setelah itu kulit batang gaharu di rebus dengan air sebanyak 200 cc dan jadikan hanya 100 cc. Teman kantor yang mempunyai penyakit maag memberikan testimoni bahwa kulit batang gaharu sangat mujarab. Konsumsi rutin selama 3 hari hari berturut-turut kemudian dilanjutkan 3 minggu 1 kali.
  • Minuman Kesehatan Teh Gaharu
Kegunaan gaharu selanjutnya adalah dapat dijadikan teh gaharu. Untuk membuat teh gaharu cukup diambil daun gaharu yang muda atau lebih dikenal pucuk daun gaharu. Pucuk daun gaharu tersebut disarankan untuk daun 1 sampai daun 3 saja. Kemudian pucuk daun gaharu ini diangin-anginkan selama beberapa jam sampai kering selanjutnya dihancurkan/dicacah menjadi ukuran kecil. Setelah kering seduh dengan air panas dan dapat dicampur gula batu sesuai selera.
Saya sudah mencoba membuat teh gaharu dan rasanya memang agak kelat, bahkan saya pernah mengkonsumsi pucuk daun gaharu tanpa diolah dan rasanya pahit tetapi membuat badan lebih segar. Apakah teman-teman ingin mencobanya ? Mencoba tidak ada salahnya. he...he...he.
Pengobatan dengan gaharu alam ini tentu saja harus diikuti dengan pola makan seimbang, olahraga teratur dan istirahat yang cukup serta berdo'a dan meminta pertolongan hanya kepada Allah semata.
manfaat kayu gaharu
2) Biang Minyak Wangi
Menurut website parfum terkenal dunia, mereka menambahkan minyak gaharu murni sebagai bahan pengikat parfum tersebut. Sebagai biang minyak wangi, minyak gaharu sangat disukai oleh orang timur tengah dan bahkan kiswah penutup Ka'bah Baitullah adalah minyak gaharu. Proses untuk mendapatkan minyak gaharu murni dilakukan dengan proses destilasi atau yang lebih dikenal dengan penyulingan gaharu. Adapun bahan baku untuk penyulingan gaharu ini adalah abu sisa pembersihan gaharu dan bisa juga gaharu kulit. Proses destilasi minyak gaharu akan saya bahas dalam postingan lainnya.
3) Aksesoris Lainnya
Manfaat kayu gaharu bagi manusia selanjutnya adalah untuk dibuat gelang atau tasbih gaharu. Selain itu juga sisa dari abu hasil penyulingan gaharu dapat juga di jadikan dupa gaharu. Perkembangan usaha gaharu juga menjadikan gaharu untuk bahan pembuatan sabun gaharu, bio spray gaharu, dan kopi gaharu serta produk-produk berbahan baku gaharu.
Cukup sampai disini postingan saya tentang manfaat kayu gaharu atau kegunaan gaharu. Masih sangat banyak sekali kegunaan gaharu yang belum saya ungkapkan dalam artikel ini, kekurangan informasi tentang manfaat gaharu dapat pembaca cari di blog lainya. Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments