Thursday, June 1, 2017

Gaharu BMW

bahan gaharu sina'i
Bahan gaharu sina'i
Pada postingan kali saya akan membahas tentang gaharu bmw berdasarkan pengalaman dan informasi yang saya dapatkan dari beberapa pelaku gaharu yang ada di Indonesia. Kalau kita mendengar kata-kata BMW maka yang terbayang di pikiran kita adalah mobil mewah dengan banderol harga yang tinggi. Tetapi di dalam perbisnisan gaharu juga dikenal istilah BMW atau Black Magic Wood atau kayu tembak.
Gaharu bmw dikenal juga dengan nama fake wood dan di pasar timur tengah dikenal juga dengan sebutan sina'i (buatan). Sebagian pelaku gaharu mengatakan bahwa gaharu bmw merupakan kecurangan yang dilakukan oleh penjual gaharu. Pada kenyataan di lapangan dalam perdagangan gaharu memang sering sekali petani gaharu dan produsen bmw mengatakan bahwa gaharu bmw adalah gaharu super, dan hal inilah yang membuat kecurangan dalam perdagangan gaharu.


Proses Pembuatan Gaharu BMW
Produsen gaharu bmw banyak ditemukan di daerah sentra-sentra perdagangan gaharu. Pembuatan bmw ini terlebih dahulu menyiapkan bahan gaharu putih atau bisa juga kemendangtan yang sudah diukir dengan bentuk yang unik dan ukuran tertentu. Setelah itu disiapkan getah atau resin gaharu dan methanol yang dimasak pada dandang atau ketel besar dengan menggunakan tekanan tertentu. Hasil dari proses ini tercipta gaharu bmw dengan karakateristik mirip gaharu super (bagi yang baru kenal gaharu) dengan biaya yang tidak terlalu mahal.
Untuk membedakan antara gaharu asli dengan produk bmw sebenarnya tidaklah sulit. Secara kasat mata dapat dilihat bahwa gaharu bmw memiliki warna yang merata dan tembus sampai kedalam kayu, sedangkan gaharu alami memiliki serat-serat kayu yang berbeda warna. Apabila di bakar maka akan tambah jelas aroma gaharu alami dengan gaharu ini.

gaharu sina'i belum ditembak
Bahan Sina'i
Pangsa Pasar 
Saya secara pribadi lebih senang kalau gaharu bmw ini disebut gaharu sina'i karena gaharu sina'i sudah jelas pasarannya dan penggunanya adalah masyarakat menengah ke bawah di kawasan Timur Tengah. Berdasarkan obrolan dengan buyer saudi yang tinggal di yaman dan pernah melakukan transaksi dengan saya diperoleh informasi bahwa gaharu sina'i memiliki peminat yang banyak disebabkan harganya yang lebih murah dibandingkan dengan gaharu alami.
Tetapi perlu diperhatikan juga bahwa gaharu sina'i atau bmw memerlukan proses dengan menggunakan bahan kimia yang akan berpengaruh terhadap kesehatan penggunanya apabila digunakan terus menerus dalam jangka waktu yang lama.

Demikian ulasan saya mengenai gaharu bmw sebatas informasi yang saya ketahui dan saya miliki. Saya yakin kemungkinan informasi ini masih perlu penambahan dari kawan-kawan pakar gaharu. Silahkan di kolom komentar.
Semoga Bermanfaat.
Load disqus comments

0 comments